REFACTION : REFrigeration Air Condtioning ACTion http://www.lpk3i.com/ --- HP.081 221 800 510

SMK 4 Tahun Disiapkan


SMK 4 Tahun Disiapkan

JAKARTA, KOMPAS — Pendidikan sekolah menengah kejuruan dengan masa belajar empat tahun sedang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penambahan lama masa belajar ini merupakan salah satu bagian dari upaya penyelarasan pendidikan menengah kejuruan dengan perkembangan teknologi, pelayanan, dan standar yang juga berkembang dalam dunia kerja.
Siswa  SMK Pertanian Pembangunan Samarinda belajar praktik kerja lapangan di kebun bibit karet milik PT Perkebunan Nusantara IX di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/8).  Pendidikan sekolah menengah kejuruan dengan masa belajar empat tahun sedang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASASiswa SMK Pertanian Pembangunan Samarinda belajar praktik kerja lapangan di kebun bibit karet milik PT Perkebunan Nusantara IX di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/8). Pendidikan sekolah menengah kejuruan dengan masa belajar empat tahun sedang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustaghfirin Amin, Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Senin (19/10), mengatakan Kemendikbud sedang menyiapkan model pembelajaran empat tahun di sejumlah program keahlian di SMK. Pendidikan selama empat tahun ini antara lain dikembangkan di program keahlian teknologi, pertanian, kelautan, dan kesehatan.
"Model pembelajarannya nanti tergantung jurusan dan program keahlian. Nanti siswa lulus dengan mendapat ijazah serta kompetensi keahlian yang bisa dipakai untuk nilai tambah dalam mendapatkan pekerjaan," ujar Mustaghfirin.
Selain itu, bagi siswa yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi, Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud juga berkoordinasi dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan pengakuan pada hasil belajar di SMK. Dengan demikian, ada sejumlah mata pelajaran di SMK yang akan diperhitungkan sebagai kredit di perguruan tinggi.
"Salah satu contohnya sudah dilakukan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yang sudah mengakui hasil belajar di SMK. Ternyata hasilnya bagus sehingga bisa diterapkan untuk kesinambungan pendidikan vokasi di tingkat menengah dan perguruan tinggi," ujar Mustaghfirin.
Lebih lanjut Mustaghfirin menjelaskan, dengan tidak lagi diterapkannya hasil ujian nasional (UN) sebagai penentu kelulusan siswa, ada peluang untuk memperkuat praktik siswa di SMK. Praktik di industri selama 3-6 bulan yang selama ini berlaku di SMK dirasakan belum memadai.
"Jadi nanti bisa saja industri memanfaatkan siswa SMK empat tahun ini sebagai peluang untuk merekrut calon pekerja. Di tahun keempat, misalnya, siswa bisa praktik atau magang di industri hingga 10 bulan. Saat ini kami sedang siapkan untuk pelaksanaannya," ujar Mustaghfirin.
sumber : http://print.kompas.com/baca/2015/10/19/SMK-4-Tahun-Disiapkan

No comments:

Post a Comment

Comments

ARTIKEL LAINYA

TIPS TPTU HARI INI ....

http://www.tptusmkn1cimahi.blogspot.com Did You Know... »»