REFACTION : REFrigeration Air Condtioning ACTion http://www.lpk3i.com/ --- HP.081 221 800 510

SMK Program 4 Tahun Lebih Disukai Industri

SMK Program 4 Tahun Lebih Disukai Industri

JUM'AT, 12 JUNI 2015 | 12:15 WIB
SMK Program 4 Tahun Lebih Disukai Industri
SMK Program 4 Tahun Lebih Disukai Industri Sejumlah pelajar melakukan kegiatan belajar praktik mesin di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 26, Jakarta, Jumat, 5 September 2014. [TEMPO/STR/Dian Triyuli Handoko; DH2014090530] (Komunika Online)
KOMUNIKA, Jakarta - Pakar pendidikan bidang kejuruan sekaligus guru besar Universitay Negeri Yogyakarta (UNY), Soenarto, melakukan sebuah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa siswa SMK dengan program pendidikan empat tahun, lebih banyak disukai dunia usaha dan industri.

SMK dengan program pendidikan empat tahun lebih banyak memberikan waktu kepada siswanya untuk kegiatan magang di perusahaan, yakni enam hingga sembilan bulan. Hal inilah yang membuat perusahaan lebih tertarik, karena memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dengan adanya tenaga magang dari siswa SMK, sejumlah pekerjaan menjadi terbantu. Soenarto menambahkan, biasanya siswa yang melaksanakan praktik industri selama enam bulan atau lebih akan langsung direkrut untuk lanjut bekerja di perusahaan tersebut setelah lulus.

Hasil penelitian itu disampaikan saat seminar nasional dalam rangka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2015 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Banten, Rabu 10 Juni 2015. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu Agustus hingga Desember 2014 pada sekolah kejuruan program empat dan tiga tahun di Indonesia.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan yang dilakukan SMK empat tahun bagus. Tapi bukan berarti SMK tiga tahun tidak bagus. Pihak industri mengakui bahwa lulusan SMK empat tahun memiliki kompetensi dan soft skill yang lebih baik untuk bekerja,” ungkap Soenarto.


“Indikator SMK berhasil adalah jika para lulusannya bekerja dengan masa tunggu enam bulan. Itu berarti jika siswa belum lulus kemudian direkrut sebuah perusahaan, bisa dikatakan masa tunggunya nol bulan,” tuturnya.

Penelitian ini didesiminasi di SMK Negeri 57 Jakarta, dan hasilnya banyak sekolah kejuruan yang ingin dikembangkan menjadi program empat tahun. “Saya kira ini positif, pihak industri juga pernah menyampaikan, sebaiknya siswa SMK empat tahun dibekali pengetahuan manajerial, agar dia bisa melaksanakan fungsi supervisor di industri. Ini berarti kalangan industri mengakui bahwa lulusan SMK empat tahun sudah bisa mengatur lulusan SMK dengan program pendidikan tiga tahun,” katanya.

Rendy Hendika | kemdiknas.go.id
sumber : https://m.tempo.co/read/news/2015/06/12/273674446/smk-program-4-tahun-lebih-disukai-industri

No comments:

Post a Comment

Comments

ARTIKEL LAINYA

TIPS TPTU HARI INI ....

http://www.tptusmkn1cimahi.blogspot.com Did You Know... »»